Media Sosial Memperbesar Jangkauan Pelaporan Berita

Hal yang menarik tentang media sosial adalah ia memiliki kekuatan untuk mentransmisikan berita dan informasi ke seluruh spektrum populasi yang besar dalam waktu yang sangat singkat. Dengan munculnya dan perluasan Internet yang cepat, orang tidak lagi terikat pada televisi kabel atau radio untuk berita Berita Pekanbaru Terkini dan pembaruan. Selain itu, karena semakin banyak orang yang online dan menghabiskan lebih banyak waktu sehari-hari mereka di Internet, komunitas online tumbuh dan dengan cepat menjadi tempat yang menarik untuk bertukar informasi dan ide. Komunitas ini terinformasi dengan baik, berpendidikan dan sangat berpendirian.

Berbagi informasi di Internet menjadi jauh lebih mudah dengan munculnya situs-situs seperti Twitter, Digg dan Facebook. Dengan peluncuran terbaru Google+, komunitas Internet memiliki lebih dari satu cara ampuh untuk menyebarkan informasi kepada keluarga dan teman mereka. Kasus terbaru yang menjadi pokok permasalahan adalah membanjirnya informasi yang dibagikan di Twitter dan Facebook oleh komunitas online terkait pergerakan kerusuhan Inggris baru-baru ini. Teman akan mengirim pembaruan di Twitter atau pesan di dinding teman mereka tentang masalah yang akan datang dan dengan demikian memperingatkan orang yang mereka cintai agar tidak keluar. Sulit membayangkan satu dekade yang lalu bahwa orang biasa akan dapat mengirimkan informasi dan berbagi pendapat dan bahkan mempengaruhi orang lain dengan cara yang begitu cepat dan tersebar luas.

Berita trending yang dirilis oleh media tradisional seperti televisi dengan cepat diambil oleh media internet dan kemudian oleh para blogger yang memiliki pengaruh besar melalui tulisan-tulisan mereka yang berpendirian. Blogger adalah ahli dalam bidang perdagangan atau profesi mereka dan sering berbagi pengalaman dan pendapat mereka melalui blog mereka. Ini dibaca dengan baik, diikuti, diperdebatkan dan didiskusikan. Dengan demikian, blog merupakan salah satu sumber utama untuk interpretasi berita dan informasi. Mereka sering menyediakan lebih banyak konten daripada media tradisional dan situs berita dalam hal interpretasi berita.

Situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook adalah situs yang paling banyak membuat gebrakan dalam hal penyebaran informasi di Internet. Situs-situs ini memiliki basis audiens yang besar dan aktif. Ini berarti cerita baru yang kecil dapat dengan mudah dibagikan berulang-ulang sehingga menciptakan efek bola salju hingga menjadi berita utama. Kekuatan media sosial dengan demikian diwujudkan sebagai media untuk berbagi berita, pandangan, dan opini populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.