Google Mempersembahkan Perubahan Keamanan & Transparansi Play Store Baru

Google telah mengumumkan bahwa bagian keamanan baru akan hadir di Play Store. Perusahaan hari ini mengumumkan bahwa tambahan baru ini akan “membantu orang-orang memahami data yang dikumpulkan atau dibagikan oleh aplikasi, jika data tersebut diamankan, dan detail tambahan yang memengaruhi privasi dan keamanan”.

Perubahan keamanan & transparansi Play Store baru yang telah diumumkan sebelumnya oleh Google

Perusahaan bertujuan untuk meningkatkan transparansi dengan langkah ini, sehingga orang-orang mengetahui apa yang sedang terjadi. Google mengatakan bahwa pengembang setuju dengan gagasan ini, bahwa pengguna harus memiliki transparansi dan kontrol atas data mereka.

Sebagai bagian dari semua ini, Google mengumumkan lima elemen baru untuk meningkatkan transparansi dan keamanan di Play Store. Perusahaan sekarang akan menyoroti apakah aplikasi tersebut memiliki praktik keamanan, seperti enkripsi data.

Ini juga akan memberi tahu Anda apakah aplikasi mengikuti kebijakan Keluarganya, dan apakah aplikasi memerlukan data khusus agar berfungsi, atau jika Anda punya pilihan apakah Anda ingin membagikannya tidak.

Ini juga akan memberi tahu Anda apakah bagian keamanan aplikasi diverifikasi oleh pihak ketiga yang independen. Perubahan terakhir akan memberi tahu Anda apakah aplikasi memungkinkan pengguna untuk meminta penghapusan data, jika mereka memutuskan untuk mencopot pemasangannya.

Pengembang akan diminta untuk membagikan jenis data apa yang dikumpulkan & disimpan

Google akan meminta pengembang untuk membagikan jenis data apa yang dikumpulkan dan disimpan. Jadi, pengembang harus membagikan apakah perkiraan atau lokasi tepat Anda disimpan, informasi pribadi (nama, alamat), foto & video, file audio, dan sebagainya.

Mereka juga harus menyoroti bagaimana data itu digunakan. Mereka harus membagikan bagaimana itu diperlukan untuk fungsionalitas atau personalisasi aplikasi, misalnya.

Google juga akan memperkenalkan kebijakan yang mengharuskan pengembang memberikan informasi yang akurat saat membuat daftar aplikasi. Jika developer salah merepresentasikan data yang mereka berikan, mereka akan diminta untuk memperbaikinya.

Perubahan ini akan berlaku untuk semua aplikasi di Play Store, termasuk aplikasi Google sendiri. Perusahaan mencatat bahwa perubahan tidak langsung berlaku. Perusahaan ingin memberi para pengembang waktu untuk bersiap.

Perubahan akan dilakukan pada Q2 2022

Perusahaan akan membagikan persyaratan dan sumber daya kebijakan baru di musim panas. Google akan menyertakan panduan mendetail tentang kebijakan privasi aplikasi. Mulai Q2 2022, pengiriman aplikasi baru dan pembaruan aplikasi akan diperlukan untuk menyertakan informasi yang disebutkan di atas. Di bawah ini Anda akan melihat gambar yang berisi garis waktu untuk bagian keamanan alias perubahan yang diumumkan Google.

Untuk tetap mengetahui berita terbaru tentang teknologi, Anda dapat membaca informasi di websie Berita Terkini Teknologi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *